top of page

Bukan Bisnis Gampang, Tips Menavigasi Tantangan Bisnis Laundry

Industri laundry, seperti bisnis lainnya, tidak luput dari tantangan yang dapat memengaruhi kelangsungan dan pertumbuhannya. Sama juga dengan bisnis lain, banyak influencer atau penjual paket atau waralaba yang "memudahkan" bisnis laundry.


Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tantangan umum yang dihadapi oleh bisnis laundry, seperti persaingan ketat, tekanan harga, dan perubahan harapan pelanggan serta apa solusi praktis yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

 
Key Takeaways:
  1. Usaha Laundry seperti usaha lainnya memiliki berbagai tantangan khusus

  2. Tantangan terbesarnya disebabkan oleh persaingan yang ketat

  3. Tahap awal usaha laundry adalah tahap paling sulit karena biaya tetap tinggi

  4. Usaha Laundry harus terus berinovasi agar dapat sukses

 
1. Persaingan Industri Laundry yang Ketat:

Salah satu tantangan utama dalam industri laundry adalah persaingan yang ketat dari pesaing baik secara offline maupun online. Terutama di kota-kota besar, usaha laundry sudah menjamur dimana-mana, hal ini utamanya karena usaha laundry adalah salah satu usaha yang paling mudah dimulai selain retail (warung) dan makanan. Di sisi lain, salah satu tantangan utama usaha laundry adalah biaya tetap yang besar seperti biaya sewa dan biaya gaji karyawan. Kedua hal ini membuat sulit bagi usaha laundry baru untuk bertahan hidup.


Solusi untuk usaha laundry baru adalah untuk menerapkan strategi diferensiasi bisnis Anda. Diferensiasi dapat Anda lakukan pada banyak aspek, seperti menawarkan layanan khusus, seperti layanan dry cleaning, diferensiasi metode pemasaran, seperti berfokus kepada pemasaran online, atau diferensiasi strategi bisnis, seperti memulai usaha laundry bukan di kota metropolis tapi di area kurang maju seperti pedesaan.


2. Tekanan Harga:

Tekanan harga sering kali menjadi tantangan besar dalam industri ini, terutama dengan munculnya layanan laundry online yang menawarkan harga yang bersaing dan tingkat kesetiaan pelanggan yang umumnya relatif rendah. Hal yang sering terjadi adalah sebuah usaha laundry mulai berkembang dengan kompetisi minim dan saat mulai ramai, mulai berjamuran usaha laundry lainnya. Hal ini menjadi masalah yang sangat serius terutama jika usaha laundry Anda tidak memiliki kelebihan atau diversifikasi yang signifikan.


Solusi untuk mengatasi tekanan harga adalah berfokus kepada meningkatkan retensi pelanggan Anda. Jika loyalitas pelanggan Anda tinggi, maka Anda tidak perlu takut terhadap kompetisi baru dan tidak perlu banting harga hanya untuk bertahan. Strategi meningkatkan loyalitas pelanggan Anda dapat melibatkan penawaran paket langganan, diskon untuk pelanggan setia, dan lainnya.


3. Perubahan Keinginan Pelanggan:

Perubahan keinginan pelanggan, terutama dalam hal kenyamanan dan kecepatan, dapat menjadi tantangan yang signifikan. Selain itu, pelanggan laundry umumnya memiliki preferensi yang berbeda secara signifikan dibanding pelanggan lainnya dan preferensi setiap segmen dapat berubah dengan cepat. Contohnya, segmen pekerja umumnya berfokus kepada kenyamanan & harga layanan, tapi dengan semakin maju karir mereka serta modern gaya hidupnya, maka pelanggan umumnya akan lebih mengutamakan kenyamanan sehingga usaha laundry harus menyediakan layanan tambahan seperti gratis antar jemput, laundry item khusus dan lainnya.


Agar Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan Anda, maka jangan lupa untuk terus berkomunikasi dengan pelanggan dan melihat kelebihan laundry lain yang mungkin dapat diterapkan dalam usaha laundry Anda. Contohnya, peningkatan efisiensi layanan, seperti memperkenalkan layanan antar-jemput atau mempercepat waktu pemrosesan pesanan.


4. Inovasi Teknologi:

Tantangan terkait inovasi teknologi juga perlu diperhatikan. Semakin banyak usaha laundry baik lama atau baru yang menerapkan teknologi digital dalam usahanya, sehingga dapat menyediakan pengalaman yang lebih positif bagi pelanggan. Usaha laundry Anda juga harus mengikuti perkembangan teknologi agar dapat tidak tertinggal kompetisi.


Solusi mengembangkan teknologi sendiri bukanlah opsi yang dapat diambil oleh sebagian besar pengusaha laundry. Namun, Anda dapat menggunakan aplikasi yang sudah tersedia secara umum baik gratis maupun berbayar. Hal yang dapat Anda fokuskan adalah bagaimana Anda menggunakan fitur yang ada secara konsisten dan kreatif agar pengalaman pelanggan Anda dapat dijaga dengan baik/


5. Edukasi Pelanggan:

Salah satu isu di industri laundry adalah setiap usaha laundry memiliki standar-nya masing-masing baik dari sisi SOP produksi, penentuan harga, S&K komplain dan banyak aspek lainnya. Sehingga, Anda harus mengeluarkan tenaga lebih untuk mengedukasi pelanggan tentang apa saja layanan yang tersedia, kelebihannya, S&K-nya dan lainnya. Edukasi pelanggan adalah hal yang penting untuk memastikan diversifikasi usaha Anda dipahami dan dirasakan pelanggan serta memastikan pelanggan menjangkau opsi layanan Anda secara optimal.


Solusi praktis pendidikan pelanggan adalah dengan menggunakan platform online Anda tentang semua informasi tersebut pada situs dan media sosial Anda. Selain itu, interaksi offline juga dapat Anda tingkatkan dengan membuat ilustrasi yang dapat pelanggan akses secara mudah.

 

Dengan menghadapi tantangan-tantangan ini secara proaktif dan menerapkan solusi praktis, bisnis laundry Anda seharusnya dapat dengan kuat menghadapi dinamika industri ini. Untuk menghindari tantangan ini sebelum terlambat, kami sarankan Anda juga untuk membuat rencana bisnis yang matang.

תגובות


bottom of page