top of page

Cara Menarik Pelanggan Untuk Bisnis Laundry Anda Secara Online

Di era digital saat ini, pemasaran online (digital marketing) menjadi salah satu kunci keberhasilan usaha laundry. Untuk bisnis laundry Anda, memanfaatkan strategi pemasaran digital dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan menarik lebih banyak pelanggan. Menerapkan strategi pemasaran digital membutuhkan tenaga yang relatif sedikit tapi mengharuskan Anda untuk siap mempelajari berbagai teknik dan praktik terbaik agar strategi ini dapat berjalan secara efektif.


Oleh karena itu, saat ini, kita bisa lihat bahwa mayoritas dari usaha laundry di Indonesia belum menerapkan pemasaran digital kecuali untuk metode-metode yang sangat dasar seperti membuat akun media sosial dan MMS. Dalam artikel ini, kita akan bahas apa saja tips untuk memasarkan bisnis laundry Anda secara daring melalui strategi digital, termasuk promosi media sosial, optimasi mesin pencari, dan periklanan online.

 
Key Takeaways:
  1. Belum banyak usaha laundry yang mengembangkan online presence mereka

  2. Digital marketing menjadi opsi pemasaran efektif di era digital

  3. Media sosial & Google adalah media efektif mencari pelanggan secara organik

  4. Iklan online dapat dimulai dengan mudah, modal minim dan fleksibel

  5. Digital marketing yang efektif harus saling berhubungan dengan lancar

 
1. Manfaatkan Media Sosial:

Media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis laundry Anda. Buat dan kelola akun bisnis di platform seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan Twitter. Dengan media sosial, Anda dapat membagikan beberapa konten dengan banyak tujuan. Anda dapat membagikan konten untuk meyakinkan pelanggan seperti foto sebelum dan sesudah pencucian & tips perawatan pakaian atau Anda dapat membagikan konten untuk mencari pelanggan baru dengan membuat konten yang lebih mudah viral seperti konten hiburan, behind the scenes, dan lainnya.


Selain membuat konten, Anda juga dapat membangun hubungan dengan pelanggan atau calon pelanggan dengan berinteraksi melalui komentar dan pesan pribadi untuk membangun hubungan dengan mereka.


Tidak hanya secara organik, Anda juga dapat mendapatkan calon pelanggan dengan beriklan pada media sosial. Umumnya, iklan pada media sosial relatif mudah dimulai dan dapat dimulai dengan modal yang minim dan fleksibel. Anda dapat memulai dan menghentikan iklan kapanpun Anda mau.


Kelebihan media sosial adalah Anda dapat dengan lebih mudah untuk menjangkau pelanggan dengan konten yang viral (organik) maupun dengan iklan (berbayar) dibandingkan dengan metode online lainnya.


2. Optimalisasi Mesin Pencari (SEO):

Pastikan situs bisnis laundry Anda muncul di hasil pencarian mesin pencari seperti Google dengan menerapkan teknik SEO. Teknik ini memang lebih sulit diterapkan dibandingkan dengan media sosial, tapi memiliki kelebihan dimana Anda dapat menjangkau pelanggan di saat mereka sedang mencari solusi laundry, sehingga Anda hadir di waktu dan tempat yang tepat baik sebagai penyedia jasa laundry atau sebagai seorang ahli laundry untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan Anda.


Tidak hanya SEO yang bersifat organik, Anda juga dapat beriklan pada mesin pencari seperti Google. Sama dengan beriklan di media sosial, Anda dapat memulai dengan relatif mudah dan menggunakan modal yang minim serta fleksibel. Anda dapat beriklan pada mesin pencari atau pada situs lain yang telah bekerjasama dengan mesin pencari pilihan Anda.


Kelebihan mesin pencari adalah Anda dapat hadir saat pelanggan sedang mencari solusi untuk masalahnya, sehingga walaupun memang lebih sulit untuk menjangkau calon pelanggan, kemungkinan Anda untuk sukses menarik pelanggan lebih tinggi dibandingkan metode online lainnya.


3. Gunakan Google My Business:

Jangan lupa untuk juga daftarkan bisnis Anda di Google My Business untuk memastikan bahwa informasi bisnis Anda muncul dengan jelas ketika seseorang mencari layanan laundry di daerah Anda. Berikan detail lengkap seperti alamat, nomor telepon, jam operasional, dan ulasan pelanggan. Langkah ini sangat penting untuk usaha laundry karena sebagian besar dari pelanggan laundry masih sangat peduli terhadap lokasi dan jarak laundry Anda dengan tempat tinggal pelanggan.


Berhubung dengan poin sebelumnya, Anda juga dapat mengiklankan bisnis Anda yang terdaftar di Google My Business agar muncul lebih sering di Google Maps. Tentunya, Anda hanya dapat beriklan pada platform Google Ads. Metode ini juga sangat efektif untuk menjangkau pelanggan yang sedang mencari layanan laundry di area Anda.


4. Kampanye Email Marketing:

Walaupun belum terlalu umum di Indonesia dan lebih lagi di industri laundry, pemasaran melalui email tetaplah sebuah metode iklan yang efektif. Kumpulkan alamat email pelanggan Anda dan mulai kampanye email marketing. Dengan metode ini, Anda dapat mengirimkan banyak pesan tentang penawaran spesial, diskon, atau pembaruan layanan secara teratur.


Banyak juga platform yang menyediakan layanan agar Anda dapat mengirimkan pesan secara otomatis dan personal kepada semua pelanggan Anda sehingga memastikan bahwa pelanggan Anda menerima informasi yang sama. Hal ini sangat penting untuk mengedukasi pelanggan Anda, karena seringkali, banyak pelanggan yang tidak tau apa saja layanan dan kelebihan dari laundry Anda.


5. Optimasi MMS seperti WhatsApp:

Seperti yang Anda mungkin tau, sebagian besar pelanggan di Indonesia masih lebih suka berkomunikasi via MMS seperti WhatsApp, Line, dan aplikasi lainnya dibandingkan dengan metode lain seperti email, telpon, atau chat pada website. Oleh karena itu, usaha laundry Anda harus dapat mengoptimalkan MMS agar komunikasi dengan pelanggan dapat Anda respon dengan cepat dan tepat.


Selain untuk menerima komunikasi, Anda juga dapat menggunakan MMS untuk melakukan berbagai hal seperti memberikan notifikasi update cucian pelanggan, promosi khusus dan banyak pesan lainnya.


6. Tampilkan Testimoni Pelanggan:

Bagikan testimoni pelanggan atau ulasan positif di situs web dan media sosial Anda. Testimoni dari pelanggan sebelumnya dapat memberikan kepercayaan kepada calon pelanggan dan membuat mereka lebih yakin untuk menggunakan layanan laundry Anda.

Dengan menerapkan strategi pemasaran digital ini, bisnis laundry Anda dapat meningkatkan visibilitas online, menarik pelanggan baru, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Konsistensi dan kreativitas dalam pemasaran digital akan membantu bisnis Anda tetap relevan di era digital yang terus berkembang.


7. Terapkan Metode Omnichannel Marketing:

Untuk membuat strategi pemasaran digital Anda semakin efektif, Anda harus menerapkan metode omnichannel marketing. Dengan metode ini, semua media yang Anda gunakan baik secara offline atau online harus saling berhubungan secara lancar. Sehingga, pelanggan yang melihat iklan Anda secara offline dapat dengan mudah mencari Anda secara online, menghubungi Anda dan sebaliknya, pelanggan yang menemukan Anda pada media online, dapat dengan mudah datang ke toko Anda.


Jika Anda tidak menerapkan metode ini, maka akan ada banyak calon pelanggan yang sudah tertarik dengan layanan Anda yang "hilang" karena pelanggan tidak dapat secara mudah menghubungi atau menjangkau layanan Anda.

 

Demikian beberapa tips pemasaran online yang dapat membuat usaha laundry Anda lebih mudah dan efektif dalam menarik pelanggan laundry. Dengan menerapkan strategi pemasaran digital ini, bisnis laundry Anda dapat meningkatkan visibilitas online, menarik pelanggan baru, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Konsistensi dan kreativitas dalam pemasaran digital akan membantu bisnis Anda tetap relevan di era digital yang terus berkembang.


Comments


bottom of page