Hati-Hati Saat New Normal!

Saat ini Indonesia sudah memasuki fase new normal dan banyak karyawan sudah mulai kerja kembali di kantornya masing-masing. Namun, hanya karena kita karyawan sudah masuk dalam tahap new normal, bukan berarti wabah Covid-19 ini sudah mereda loh! Berdasarkan riset di Cina, ditemukan bahwa hampir semua penyebaran virus Covid-19 dimulai dalam lingkungan dalam ruangan (termasuk kantor) hal ini dikarenakan percikan orang positif Covid-19 dapat menyebar melalui sirkulasi ruangan (terutama jika ruangan memiliki pendingin ruangan). Lalu, apa yang sebaiknya kita lakukan agar bisa mencegah terkena virus Covid-19?


1. Hati-hati di dalam ruangan tertutup

Kita harus tetap berhati-hati dalam ruangan tertutup karena sirkulasi udara pada ruangan tertutup jauh lebih buruk dibandingkan ruang terbuka. Apalagi jika ada pendingin ruangan, maka udara tersebut akan disirkulasikan terus menerus, meningkatkan risiko kita terkena virus Covid-19. Oleh karena itu, selalu pakai masker dengan benar saat di dalam ruangan tertutup baik itu di kantor, transportasi umum dan ruangan lainnya.


2. Sebisa mungkin di ruangan terbuka

Pada ruangan terbuka, sirkulasi udara jauh lebih baik. Hal ini menyebabkan percikan dari orang yang terjangkit virus Covid-19 akan terhambur oleh angin, sehingga risiko kita terkena virus Covid-19 jauh lebih rendah. Jika ada kegiatan yang harus membuka masker, maka sebaiknya dilakukan di luar ruangan untuk mengurangi risiko virus Covid-19.


3. Pastikan permukaan yang sering disentuh higienis

Seperti yang kita tahu, virus Covid-19 dapat menempel pada berbagai permukaan mulai dari beberapa jam hingga berhari-hari. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan dan karyawan untuk memastikan alat dan permukaan yang sering disentuh atau digunakan agar dijaga kehigienisannya. Jika pada transportasi atau tempat umum, maka setidaknya menghindari untuk menyentuh permukaan yang sering disentuh orang lain.


4. Cuci tangan dengan baik dan rutin

Seperti pada umumnya, seluruh karyawan harus dibiasakan agar mencuci tangan dengan baik dan rutin. Jika tidak ada tempat cuci tangan yang tersedia, maka sebaiknya menyediakan hand sanitizer, tapi pastikan tangan kita bersih dari debu dan hal yang dapat menempel di tangan ya.


5. Jangan makan di ruangan tertutup

Sebisa mungkin, hindari makan di ruangan tertutup. Kenapa? Karena jika makan di ruangan tertutup maka kita harus melepas masker kita dan ini akan meningkatkan risiko kita tertular virus Covid-19. Oleh karena itu, usahakan agar makan di ruangan terbuka saja ya atau kegiatan lainnya yang mengharuskan kita untuk membuka masker.


6. Pisahkan barang atau pakaian yang datang dari luar

Semua barang atau pakaian dari luar mungkin terkontaminasi Covid-19. Oleh karena itu, sebaiknya kamu langsung pisahkan semua barang atau pakaian agar tidak disentuh oleh orang lain terutama sepatu karena sebagian besar percikan orang itu jatuh ke tanah sehingga sepatu kita menjadi salah satu media paling berbahaya. Semua barang yang masuk sebaiknya dibersihkan dulu dengan disinfektan dan pakaian langsung dicuci dengan deterjen.


7. Dari luar rumah langsung mandi

Walaupun pakaian sudah bersih dicuci dengan deterjen, virus Covid-19 bisa juga menempel pada tubuh kita. Nah, makanya setelah dari luar rumah sebaiknya langsung mandi dan juga keramas ya.


Semoga beberapa fakta dan tips ini membantu ya! Stay safe & healthy semuanya! Jangan lupa untuk share kepada teman karyawan ya, supaya kita semua bisa mencegah terkena virus Covid-19!


Untuk menjaga kebersihan pakaian kamu dan keluarga walaupun sudah pergi ke kantor dan keramaian lainnya, cuci di QnC Laundry aja! QnC Laundry sebagai laundry kiloan sudah hadir di Makassar, BSD, Jakarta Selatan sampai Medan dan Mojokerto jadi salah satu outlet kami pasti laundry kiloan terdekat untuk kamu. Kami sudah menerapkan berbagai protokol pencegahan Covid-19 mulai dari pengukuran suhu karyawan, pembersihan outlet dan packaging dengan disinfektan dan protokol lainnya pada semua outlet kami sehingga outlet laundry kami pasti aman dari virus Covid-19. Kami juga menawarkan layanan ekstra untuk menjaga pakaian higienis setara dengan protokol pencucian pakaian untuk ODP dan PDP dan layanan antarjemput cucian dimana cucian kamu akan dijemput oleh GrabExpress dari outlet landry terdekat milik QnC Laundry dan protokol lainnya. Pesan sekarang pada link layanan antarjemput cucian ini dan pemesanan kamu akan diproses sekarang juga atau untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi customer service kami pada 0811-4443-180.

© 2020 PT CEPAT DAN BERSIH INDONESIA