Saran Mengajar Anak Ketika Sekolah dari Rumah

Updated: Aug 6

Pada tahun pengajaran 2020 ini sudah banyak sekolah yang mulai masuk kembali seperti normal terutama untuk daerah yang sudah relatif aman dari wabah Covid-19. Walaupun begitu, masih banyak sekolah yang ditutup sehingga kegiatan tatap belajar digantikan dengan belajar secara online. Lalu, bagaimana cara kita sebagai orang tua agar dapat membantu sang anak belajar dengan efektif di rumah? Yuk kita simak beberapa tips ini!

1. Tetap Berhubungan dengan Guru

Tanyakan kepada guru sang anak apakah sekolah atau guru sudah menyiapkan suatu kurikulum untuk tahun pelajaran ini dan minta detail dari kurikulumnya serta rencana pembelajaran sehingga kita bisa bantu anak untuk mempersiapkannya. Pastikan juga apakah kita harus mengikuti kurikulum yang sudah ada secara tepat.

Selain itu, guru sang anak pasti bisa memberikan berbagai tips untuk mengajar sang anak secara efektif dan juga bisa membantu kamu untuk berhubungan dengan orang tua lain sehingga bisa saling membantu dan mendukung.


2. Rencanakan Hari dengan Sang Anak

Walaupun sudah mengikuti kurikulum dari sang guru, tidak ada salahnya juga agar kita merencanakan hari bersama sang anak. Berikan mereka opsi serta tanyakan opini mereka tentang melakukan kegiatan tertentu dengan cara yang ada, sehingga kita bisa menyesuaikan dengan gaya belajarnya dan mendukung sang anak menjadi lebih mandiri.


3. Ikutsertakan Keluarga

Belajar dari rumah berarti kita harus menyesuaikan jadwal belajar sang anak dengan rutinitas harian keluarga. Oleh karena itu, sebaiknya kita merencanakan hari bersama keluarga juga serta menentukan ekspektasi secara bersama dan mengajak seluruh anggota keluarga dalam kegiatan belajara sang anak.


4. Fleksibel

Belajar adalah salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan stres dan juga emosi negatif lainnya. Sebaiknya, kamu membuat jadwal belajar dengan teliti tapi tetap fleksibel mengikuti dengan kondisi mental dan emosional sang anak karena jika dipaksakan belajar juga tidak akan optimal.


5. Jangan Lupa Istirahat

Jangan lupa istirahat ya. Kalau bisa alokasikan waktu untuk istirahat di dalam jadwal belajar sang anak. Kalau rumus umumnya sih 1,5 jam belajar dengan 30 menit istirahat agar optimal. Usahakan agar istirahat juga menyenangkan dan spontan untuk sang anak.

Dalam wabah Covid-19 ini kami mengerti bahwa banyak orang yang ingin mengurangi waktu keluar rumah untuk menghindari terkena virus Covid-19 dan juga merasa beban emosi. Daripada stres dan pusing, pakai layanan antarjemput cucian GRATIS oleh QnC Laundry untuk kamu yang berada di daerah Makassar, BSD dan Jakarta Selatan. Cucian kamu akan dijemput oleh GrabExpress dari outlet landry terdekat milik QnC Laundry. QnC Laundry juga menerapkan berbagai protokol pencegahan Covid-19 pada outlet laundry kami yaitu pengecekan suhu karyawan, pembersihan outlet dan packaging dengan disinfektan, sistem 1 nota 1 mesin (cucian tidak akan dicampur dengan pelanggan lain) dan protokol lainnya. Pesan sekarang pada link layanan antarjemput cucian ini dan pemesanan kamu akan diproses sekarang juga.

© 2020 PT CEPAT DAN BERSIH INDONESIA