top of page

Tips Jitu Agar Tas Selempang Anda Bersih & Tahan Lama

Tas selempang adalah aksesori yang sering kita gunakan untuk menyimpan barang-barang penting sehari-hari. Namun, seringkali kita lupa untuk membersihkannya secara teratur sehingga tas menjadi mudah kotor & rusak. Dalam artikel ini, kita akan membahas tips dan trik tentang cara mencuci tas selempang dengan benar untuk menjaga kebersihannya dan memperpanjang umur pakainya.


Key Takeaways
  1. Jangan lupa periksa label pada tas untuk panduan pencucian

  2. Hindari penggunaan mesin kecuali untuk tas dengan bahan kuat

  3. Keringkan tas secara lembut dengan jemur tanpa sinar matahari

 
1. Kosongkan Barang dalam Tas:

Sebelum mencuci tas, pastikan untuk mengosongkan isi di dalamnya. Keluarkan semua barang dan periksa kantong-kantong di dalamnya untuk memastikan tidak ada barang kecil yang tertinggal dalam tas Anda.


2. Baca Petunjuk Pencucian:

Sebelum memulai proses pencucian tas, periksa label atau petunjuk perawatan yang terpasang pada tas. Ini akan memberi Anda informasi tentang jenis bahan tas, cara terbaik serta larangan untuk mencucinya.


3. Tips Pembersihan Permukaan Luar:

Jika tas Anda terbuat dari bahan yang tahan air dan mudah dibersihkan, cukup gunakan kain lembab dan bersih untuk membersihkan permukaan luar tas. Hindari penggunaan bahan pembersih yang keras karena dapat merusak warna atau tekstur bahan tas Anda.


4. Cuci Tangan untuk Material Sensitif:

Jika tas Anda terbuat dari bahan yang lebih sensitif (misalkan tas berbahan kulit), sebaiknya Anda mencucinya dengan tangan (secara manual). Gunakan air dingin dan deterjen yang lembut (atau deterjen khusus untuk bahan tersebut). Gosok dengan lembut menggunakan sikat halus atau spons.


5. Gunakan Mesin Cuci untuk Bahan Kuat:

Jika tas Anda terbuat dari bahan yang lebih kuat atau tahan banting seperti nilon atau kanvas, periksa pada label pencucian apakah tas Anda dapat dicuci dengan mesin. Jika bisa, gunakan siklus pencucian paling lembut dan letakkan tas di dalam kantong jala (laundry net) selama proses pencucian agar terhindar dari kerusakan.


6. Jangan Keringkan dengan Pengering Mesin:

Sebaiknya hindari mengeringkan tas Anda dengan mesin pengering, terutama jika tas terbuat dari bahan kulit atau memiliki aksesori yang rentan terhadap panas. Biarkan tas Anda mengering secara alami dengan menjemurnya atau meletakkannya di tempat yang teduh.


7. Hindari Paparan Langsung Matahari:

Jangan menjemur tas selempang langsung di bawah sinar matahari terik. Sinar matahari dapat merusak warna dan bahan tas, membuatnya cepat pudar dan rusak. Jemur di tempat yang teduh atau letakkan tas Anda dibawah handuk kering dan bersih.


8. Hindari Penggunaan Pemutih:

Tidak disarankan menggunakan pemutih pada tas, terutama tas berwarna atau berbahan sensitif. Pemutih dapat merusak warna dan menyebabkan perubahan pada tekstur bahan.


9. Periksa Resleting dan Aksesori:

Sebelum mencuci atau menyimpan tas yang selesai dicuci, pastikan untuk memeriksa resleting dan aksesori pada tas Anda. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan tidak ada yang rusak. Jika resleting atau aksesori ada yang rusak dan dapat merusak tas Anda, maka disarankan untuk cuci tas Anda secara manual saja.

 

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menjaga kebersihan dan daya tahan tas selempang Anda. Mencuci tas secara teratur bukan hanya untuk kebersihan, tetapi juga untuk menjaga penampilannya agar tetap segar dan siap digunakan dalam berbagai kesempatan.


Jika Anda membutuhkan layanan laundry tas profesional, maka langsung saja hubungi kami untuk pemesanan secara online atau datang ke outlet terdekat.

Comments


bottom of page