top of page

Tips Mencuci Pakaian Berwarna Agar Tetap Cerah dan Tidak Luntur

Diperbarui: 6 Agu 2020

Pernah gak sih kamu mengalami mencuci pakaian berwarna di mesin cuci eh ternyata warnanya luntur, nyebar ke pakaian lain lagi. Atau pakaian berwarna tapi lama-lama warna pakainnya mulai hilang dan jadinya kelihatan dekil. Was-was deh jadinya kalau mau beli pakaian berwarna apalagi kalau mau dicuci. Dengan tips ini, kamu gak perlu takut lagi! Yuk kita simak bareng-bareng!

 

1. Jangan Lupa Baca Label Laundry pada Pakaian

Jadikan ini kebiasaan ya. Sebelum mencuci pakaian baru, pastikan kamu sudah membaca label laundry pada pakaian sehingga kamu bisa menghindari cara pencucian tertentu yang dapat merusak pakaian tersebut. Untuk mempelajari cara membaca label laundry pada pakaian, silahkan membaca artikel tips membaca label laundry ini ya.


2. Urutkan dan Pisahkan Pakaian Berwarna

Sebelum mencuci, urutkan dan pisahkan dulu pakaian yang ingin dicuci berdasarkan warnanya. Selalu cuci pakaian gelap dan terang secara terpisah. Selain itu kamu juga bisa mencuci pakaian yang memiliki warna yang relatif mirip seperti biru dan hijau secara bersama, karena tidak akan saling melunturkan.


3. Sebelum Cuci, Cek Apakah ada Noda pada Pakaian

Cek dulu apakah pakaian yang ingin dicuci memiliki noda. Jika ada, maka rendam pakaian tersebut di dalam deterjen dan digosok secara halus sampai nodanya mulai hilang. Sebelum dicuci, putar pakaian luar dalam dan jika menggunakan mesin cuci gunakan cycle yang lembut saja.


4. Cuci dengan Air Dingin

Cuci pakaian dengan air dingin dan keluarkan seketika selesai mencuci. Hal ini penting dilakukan karena jika pakaian dibiarkan dalam mesin cuci, maka warna dari pakaian yang satu dapat luntur ke pakaian yang lain loh!


5. Jangan Gunakan Mesin Pengering

Sebisa mungkin jangan gunakan mesin pengering karena pakaian berwarna yang dikeringkan dengan mesin pengering umumnya warnanya lebih cepat luntur, sebaiknya dijemur seperti biasa saja. Namun, yang paling penting adalah baca label laundry sebelum mencuci dan mengeringkan ya.

 

Dalam wabah Covid-19 ini kami mengerti bahwa banyak orang yang ingin mengurangi waktu keluar rumah untuk menghindari terkena virus Covid-19 dan juga merasa beban emosi. Daripada stres dan pusing, pakai layanan antarjemput cucian GRATIS oleh QnC Laundry untuk kamu yang berada di daerah Makassar, BSD dan Jakarta Selatan. Cucian kamu akan dijemput oleh GrabExpress dari outlet landry terdekat milik QnC Laundry. QnC Laundry juga menerapkan berbagai protokol pencegahan Covid-19 pada outlet laundry kami yaitu pengecekan suhu karyawan, pembersihan outlet dan packaging dengan disinfektan, sistem 1 nota 1 mesin (cucian tidak akan dicampur dengan pelanggan lain) dan protokol lainnya. Pesan sekarang pada link layanan antarjemput cucian ini dan pemesanan kamu akan diproses sekarang juga.


Sumber: Tide.com

bottom of page