top of page

14 Destinasi Wisata Alami & Buatan terunik di Makassar

Makassar selain menjadi ibukota provinsi Sulawesi Selatan dan juga menjadi salah satu kota utama untuk Indonesia daerah Bagian Tengah dan Timur. Tentunya, selain menjadi kota utama di bidang ekonomi dan mungkin politik, Kota Makassar juga menjadi salah satu kota destinasi wisata untuk daerah tersebut. Namun, apa aja sih destinasi wisata yang wajib untuk kamu datangi di Makassar? Simak 7 destinasi wisata alam dan 7 destinasi wisata buatan yang wajib kamu kunjungi dalam artikel ini!


1. Wisata Alam

  • Pulau Samalona

Pulau Samalona adalah salah satu pulau kecil yang berada di pesisir Kota Makassar. Pulau ini cukup dekat dengan jarak hanya sekitar 7 Km dari dermaga Pantai Losari.


Untuk mencapai Pulau Samalona, Anda bisa menggunakan jasa sewa kapal dengan kisaran biaya sebesar Rp 300,000 sampai Rp 500,000 saja.


Pulau Samalona menawarkan berbagai kegiatan menarik. Anda bisa menikmati pasir putih Pulau Samalona, berenang di pinggir pantai atau menikmati berbagai permainan laut seperti banana boat dan snorkeling.


  • Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang juga merupakan salah satu pulau kecil di sekitar Kota Makassar. Namun, pulau ini cukup jauh jaraknya sehingga transportasi kesana lebih mahal.


Untuk mencapai Pulau Kapoposang, Anda bisa menggunakan jasa sewa kapal dengan kisaran biaya sekitar Rp 1,500,000.


Pulau Kapoposang cukup terkenal akan kegiatan diving dan snorkeling dikarenakan keindahan bawah laut Pulau Kapoposang.


  • Pantai Losari

Kalau kamu sudah berniat untuk pergi ke Kota Makassar, kamu pasti pernah dengar nih yang satu ini. Pantai Losari adalah pantai yang selalu ramai dari pagi hingga malam hari.


Pantai ini berlokasi tepat di Kota Makassar, jadi kamu gak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk menikmati pantai yang satu ini.


Di Pantai Losari, kamu bisa menikmati melihat matahari tenggelam saat sore hari dan menikmati berbagai jajanan kuliner khas Makassar saat malam hari.


  • Pantai Akkarena

Selain Pantai Losari, Makassar juga memiliki pantai yang tidak kalah uniknya, yaitu Pantai Akkarena. Hal yang membuat pantai ini unik adalah Pantai Akkarena memiliki pasir yang hitam, sehingga dijuluki mutiara hitam dari Indonesia timur.


Pantai Akkarena menawarkan berbagai opsi kegiatan untuk Anda dan keluarga Anda. Pantai ini tidak hanya menyediakan water sport seperti ba