14 Destinasi Wisata Alami & Buatan terunik di Makassar

Makassar selain menjadi ibukota provinsi Sulawesi Selatan dan juga menjadi salah satu kota utama untuk Indonesia daerah Bagian Tengah dan Timur. Tentunya, selain menjadi kota utama di bidang ekonomi dan mungkin politik, Kota Makassar juga menjadi salah satu kota destinasi wisata untuk daerah tersebut. Namun, apa aja sih destinasi wisata yang wajib untuk kamu datangi di Makassar? Simak 7 destinasi wisata alam dan 7 destinasi wisata buatan yang wajib kamu kunjungi dalam artikel ini!


1. Wisata Alam

  • Pulau Samalona

Pulau Samalona adalah salah satu pulau kecil yang berada di pesisir Kota Makassar. Pulau ini cukup dekat dengan jarak hanya sekitar 7 Km dari dermaga Pantai Losari.


Untuk mencapai Pulau Samalona, Anda bisa menggunakan jasa sewa kapal dengan kisaran biaya sebesar Rp 300,000 sampai Rp 500,000 saja.


Pulau Samalona menawarkan berbagai kegiatan menarik. Anda bisa menikmati pasir putih Pulau Samalona, berenang di pinggir pantai atau menikmati berbagai permainan laut seperti banana boat dan snorkeling.


  • Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang juga merupakan salah satu pulau kecil di sekitar Kota Makassar. Namun, pulau ini cukup jauh jaraknya sehingga transportasi kesana lebih mahal.


Untuk mencapai Pulau Kapoposang, Anda bisa menggunakan jasa sewa kapal dengan kisaran biaya sekitar Rp 1,500,000.


Pulau Kapoposang cukup terkenal akan kegiatan diving dan snorkeling dikarenakan keindahan bawah laut Pulau Kapoposang.


  • Pantai Losari

Kalau kamu sudah berniat untuk pergi ke Kota Makassar, kamu pasti pernah dengar nih yang satu ini. Pantai Losari adalah pantai yang selalu ramai dari pagi hingga malam hari.


Pantai ini berlokasi tepat di Kota Makassar, jadi kamu gak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk menikmati pantai yang satu ini.


Di Pantai Losari, kamu bisa menikmati melihat matahari tenggelam saat sore hari dan menikmati berbagai jajanan kuliner khas Makassar saat malam hari.


  • Pantai Akkarena

Selain Pantai Losari, Makassar juga memiliki pantai yang tidak kalah uniknya, yaitu Pantai Akkarena. Hal yang membuat pantai ini unik adalah Pantai Akkarena memiliki pasir yang hitam, sehingga dijuluki mutiara hitam dari Indonesia timur.


Pantai Akkarena menawarkan berbagai opsi kegiatan untuk Anda dan keluarga Anda. Pantai ini tidak hanya menyediakan water sport seperti banana boat dan jet ski tapi juga ada permainan di pantai seperti menyewa Atv. Selain itu, Pantai Akkarena juga memiliki tempat bermain untuk anak-anak dan juga ada banyak kuliner khas Makassar.


  • Ramang-Ramang

Desa Ramang-Ramang berlokasi di Kabupaten Maros dimana desa ini memiliki keindahan yang khas dengan daerahnya. Ramang-Ramang ini indah karena dikelilingi oleh kumpulan batu Karst.


Jika Anda ingin mengunjungi desa ini, maka Anda bisa mengaksesnya melalui Sungai Pute dengan menyewa perahu. Perahu ini dapat disewa dengan harga Rp 200,000 - Rp 300,000.


Di Ramang-Ramang, Anda bisa mengumpulkan koleksi foto dengan latar belakang sungai dan Batu Karst serta perjalanan Anda saat menyusuri Sungai Pute. Selain itu, ada juga tujuan wisata menarik seperti telaga bidadari dan Gua telapak tangan.


  • Malino Highland

Kalau di Bogor ada Puncak. Di Makassar ada Malino Highland untuk kamu yang tertarik untuk pergi ke perkebunan teh. Di Malino Highland, kamu bisa menikmati sejuknya kebun teh dan juga mengunjungi Green Cafe Pakoe, sebuah kafe dengan nuansa Jepang yang menyajikan teh hangat dengan nuansa Jepang.


Selain menikmati sejuknya kebun teh dan hangatnya minuman teh. Malino Highland juga memiliki berbagai kegiatan menarik lainnya seperti Bungee Jumping, bersepeda dan Paralayang. Tidak hanya itu, Malino Highland lokasinya sangat dekat dengan air terjun (hanya sekitar 600-800 meter).


  • Karst Makassar

Tahukah kamu? Di daerah Makassar, ada sebuah lokasi dengan Hutan Batu terbesar ke -2 di Dunia loh! Hutan Batu adalah sebuah gugusan tebing Cadas yang terbentuk oleh erosi di bawah tanah batuan yang kemudian akan larut di dalam air. Hutan Batu terbesar di Dunia sendiri lokasinya berada di Cina Selatan ya.


Untuk mengunjungi Hutan Batu ini, kamu harus siap menempuh jarak sekitar 40 km dari pusat Kota Makassar ya.


Di Hutan Batu ini, kamu bisa menikmati keindahan alam yang ada seperti menyusuri gua-gua di sekitar tebing Cadas atau juga dengan menyusuri rawa dan sungai. Plusnya, kamu bisa menelusuri daerah ini dengan pemandu lokal.


2. Wisata Buatan

  • Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam atau kerap disebut oleh warga Makassar dengan Benteng Penyu adalah sebuah benteng dengan usia ratusan tahun. Benteng Rotterdam memiliki beberapa gedung dengan gaya Eropa dengan fungsi yang khusus untuk setiap gedung mulai dari gereja hingga penjara untuk tahanan.


Benteng Rotterdam sendiri terletak di Kota Makassar, tepatnya di Jalan Ujung Pandang. Benteng Rotterdam terbuka untuk umum dari pukul 6 pagi hingga 6 sore dengan biaya masuk yang murah yaitu sebesar Rp 10,000 saja.


Benteng Rotterdam adalah sebuah museum, jadi disini Anda bisa belajar banyak mengenai sejarah dan juga tentunya bisa menambah koleksi foto-foto Anda.


  • Helena Sky Bridge

Helena Sky Bridge terletak di dalam Taman Nasional Batimurung dimana ada sebuah jembatan gantung dengan tinggi lebih dari 100 meter dari permukaan.


Helena Sky Bridge sendiri dapat diakses oleh wisatawan dari pukul 8 pagi sampai dengan 5 sore dengan biaya yang cukup murah yaitu hanya sebesar Rp 25,000.


Di Helena Sky Bridge, umumnya wisatawan dapat mendapatkan banyak foto-foto yang berkesan seperti pegunungan Karst.


  • Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu adalah salah satu benteng terkuat di Indonesia pada zamannya. Benteng ini dulu juga berfungsi sebagai pusat perdagangan rempah-rempah.


Benteng Somba Opu, tidak terletak di Kota Makassar, melainkan di Gowa. tepatnya di Jalan DG. tata.


Benteng Somba Opu cukup terawat dengan baik, dimana kamu bisa menemukan hal seperti rumah adat suku Sulawesi Selatan, Meriam raksasa dan juga kantor peninggalan VOC.


  • Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar adalah Indoor theme park terbesar di seluruh Indonesia timur. Tujuan wisata ini menggunakan konsep Amerika (Hollywood) pada tahun 1960-an dan menyediakan sekitar 20 permainan.


Lokasi Trans Studio Makassar ada di Kota Makassar, tepatnya di Jl. HM. Dg. Patompo, tanjung bunga. Lokasinya cukup dekat dengan pusat Kota Makassar. Jadi Anda tidak perlu keluar kota untuk mengunjunginya.


Selain permainan dan keunikannya sebagai theme park, Trans Studio Makassar kadang juga mengadakan pertunjukan-pertunjukan seperti sirkus dan teater kelas dunia.


  • Gowa Discovery Park

Gowa Discovery Park adalah salah satu wisata yang cukup unik di Makassar karena Gowa Discovery Park menawarkan berbagai jenis kegiatan yang saling berbeda yaitu berupa Waterboom, taman satwa dan treetop.


Gowa Discovery Park terletak di kawasan yang cukup dekat dengan Benteng Somba Opu yang bersejarah. Untuk menjelajahi Gowa Discovery Park, Anda bisa membeli tiket mulai dari Rp 30,000 sampai Rp 95,000 tergantung dari kegiatan yang ingin Anda coba.


  • Lembah Hijau Malino

Lembah Hijau Malino adalah sebuah tujuan wisata di Kabupaten Gowa. Lembah Hijau Malino ini bisa dibilang wisata alami juga. Namun, Lembah Hijau Malino ini menawarkan layanan-layanan seperti perkemahan yang sudah melekat dengan lokasi wisata yang satu ini.


Lembah Hijau Malino, sayangnya cukup jauh dari Kota Makassar, sekitar 75 Km. tempat wisata ini terletak di Gowa, tepatnya di jalan Pa’tene Malino, Kecamatan tinggimoncong.


Lembah Hijau Malino menyediakan banyak sekali kegiatan yang menggunakan daerah alam yang indah dan bervariasi. Mulai dari sky bike (mengayuh sepeda di atas jurang), bermain arung jerman dan banyak kegiatan lainnya.


  • Pemakaman Lemo & Londa

Daerah Sulawesi Selatan juga memiliki sebuah tradisi yang sangat unik dibandingkan dengan daerah lainnya. Budaya ini adalah adanya budaya tradisi untuk menyimpan mayat menyerupai mumi. Tradisi ini sudah ada selama ratusan bahkan ribuan tahun.


Jika Anda ingin mengunjungi dan melihat tradisi ini, Anda bisa pergi ke Pemakaman Lemo & Londa yang berada di daerah toraja.

Jika Anda sedang berlibur di Makassar atau tinggal di Makassar, jangan lupa untuk coba QnC Laundry ya! QnC Laundry menyediakan berbagai layanan laundry yang lengkap, aman dan nyaman mulai dari laundry antar jemput (nyaman), laundry express serta laundry satuan (lengkap) sampai perekaman cucian dan penerapan 1 nota 1 mesin cuci (aman).


Kamu bisa langsung datang ke belasan outlet QnC Laundry di Makassar atau pesan secara online di website QnC Laundry!