4 Tips Memilih Lokasi Bisnis Laundry yang Ideal

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu aspek paling penting dalam kesuksesan semua bisnis retail atau hospitality adalah lokasi. Hampir semua bisnis yang sukses di bidang-bidang ini termasuk bisnis laundry, pasti memiliki lokasi yang strategis.


Hal ini karena kebanyakan calon pelanggan membutuhkan sebuah physical evidence bahwa laundry ini adalah laundry yang bagus dan dapat dipercaya (contohnya apakah lokasi laundry terlihat bersih dan rapih atau terlihat kumuh dan berantakan). Selain itu, berdasarkan pengalaman kami, masih banyak pelanggan yang pertama kali mengenal dan ingin mencoba layanan kami karena melihat toko / branding kami secara langsung.


Key Takeaways:
  1. Lokasi adalah faktor yang sangat besar dalam kesuksesan bisnis laundry

  2. Pelanggan suka lokasi yang dekat / mudah diakses dari tempat tinggal

  3. Branding offline memiliki efek kuat dalam menggaet calon pelanggan

Lalu, aspek apa saja yang perlu kita perhatikan dalam memilih lokasi untuk merintis bisnis laundry dan bagaimana cara memilihnya? Simak 4 tips memilih lokasi bisnis laundry disini!


1. Cari lokasi dengan traffic yang tinggi.

Lokasi yang paling ideal adalah lokasi yang ramai dilewati orang, walaupun sewanya mungkin lebih mahal, ini bisa meningkatkan omset kita dan merendahkan biaya pemasaran kita karena branding offline kita akan dilihat oleh lebih banyak calon pelanggan. Selain itu, pelanggan secara tidak langsung akan menganggap bahwa laundry kita adalah laundry yang bisa dipercaya karena terletak di lokasi yang ideal.


2. Cari lokasi dengan akses yang mudah.

Selain ramai, lokasi juga sebaiknya mudah diakses. Karena pelanggan butuh cara yang nyaman untuk mengakses bisnis kita. Sederhananya, lokasi Anda harus memiliki lapangan parkir yang memadai, terutama jika Anda berencana membuka bisnis laundry koin.


3. Cari lokasi yang mencolok / mudah terlihat.

Jika lokasi Anda ramai dan mudah diakses tapi tidak terlihat oleh calon pelanggan, maka branding offline Anda akan percuma. Contohnya, lokasi Anda terletak di jalan raya / poros, tapi lokasi Anda tertutup oleh pepohonan, maka lebih baik cari lokasi lain atau pindahkan branding Anda pada lokasi lain seperti baliho, baliho / billboard pinggir jalan. Semakin orang mudah melihat bisnis kita, maka semakin mungkin mereka akan mencoba layanan kita.


Salah satu cara yang dapat Anda coba agar branding Anda lebih mencolok adalah dengan memasang dan menyalakan neon box atau memasang lampu sorot.


4. Cari lokasi yang dekat perumahan / tempat tinggal.

Menurut pengalaman kami, kebanyakan pelanggan lebih suka dengan laundry yang dekat dengan rumah / tempat tinggal mereka. Jika ini tidak memungkinkan, maka coba cari lokasi yang searah dengan kegiatan sehari-hari mereka. Hal ini akan memudahkan pelanggan Anda dalam mengakses layanan Anda. Ini penting karena mengakses layanan laundry adalah sebuah kegiatan yang sifatnya chore / keperluan bukan karena pelanggan suka melakukan kegiatan tersebut (beda dengan ketika kita mencari restoran), jadi semakin mudah dan semakin cepat pelanggan dapat mengakses layanan kita, akan semakin bagus.

 

Itu dia 4 tips kami untuk Anda yang sedang bingung memilih lokasi yang ideal untuk bisnis laundry rintisan Anda. Pada dasarnya, kita berfokus kepada lokasi yang dapat memberikan kenyamanan dan juga memberikan visibility yang bagus. Jika secara offline sudah kuat, maka fokus Anda selanjutnya adalah untuk meningkatkan branding dan visibility Anda pada media-media online, baik itu pada search engine ataupun media sosial.


Ingin tips lebih lengkap perihal merintis atau menjalankan usaha laundry? Simak artikel 9 tips merintis bisnis laundry kami!