top of page

6 Langkah Cerdas Mencuci Baju Gamis Agar Awet dan Tahan Lama

Diperbarui: 3 Mar 2021

Hi Makassar! Baju gamis memang merupakan tren fashion yang sangat disukai dan sedang populer dikalangan wanita muslim. Dikarenakan baju gamis membuat penampilan sangat feminim dan cocok untuk digunakan dimana saja. Baju gamis bisa digunakan untuk hangout, silaturahmi, dan lainnya. Tetapi tidak jarang baju gamis yang dicuci dan tidak terawat mengakibatkan warnanya cepat luntur dan cepat rusak.


Nah, maka dari itu saat mencuci baju gamis sebaiknya teman Makassar, perhatikan hal dibawah berikut ya ladies agar tidak salah mencuci baju gamis kesayangan kamu:


  • Jangan Cuci Baju gamis dengan mesin cuci

Ladies, sebaiknya hindari ya mencuci baju gamis dengan mesin cuci. Hal ini dikarenakan dapat merusak serat lembut dan alami dalam baju gamis dan membuatnya menjadi cepat rusak dan tidak awet, terutama untuk baju gamis dengan bahan satin, sutra, dan lainnya.


Gunakan cara manual yaitu dengan mengucek baju gamis dengan tangan dan sabun cuci deterjen yang sedikit saja atau sabun deterjen khusus untuk kain dengan bahan lembut agar baju gamis kamu lebih tahan lama.


  • Rendam dahulu baju gamis

Jika baju gamis terkena noda membandel atau kotoran sebaiknya jangan langsung disikat secara kasar. Rendam dahulu ke dalam ember berisi air dan masukkan deterjen sedikit saja. Setelah itu masukkan baju gamis ke dalam rendaman tersebut dan rendam sekitar 10 - 15 menit saja. Setelah itu angkat baju gamis dan kucek-kucek terutama pada bagian noda. Ketika noda di baju gamis sudah mulai hilang maka dapat dilanjutkan dengan mencuci dengan biasa pada bagian lain.


  • Hindari pemakaian pemutih pada baju gamis

Pada baju gamis sebaiknya hindari penggunaan pemutih. Dikarenakan biasanya baju gamis menggunakan bahan yang cenderung halus dan mempunyai serat alami yang lembut, sedangkan pemutih adalah bahan yang jika dipakai berlebihan dapat membuat serat tersebut makin lama semakin menipis dan dapat merusak kain dari baju gamis kamu sendiri.


  • Jangan jemur baju gamis dibawah terik matahari

Baju gamis yang telah selesai dicuci sebaiknya tidak terlalu di peras dengan kuat dan jangan jemur di bawah terik matahari secara langsung. Dikarenakan jika menjemur baju gamis dibawah terik matahari dapat merusak serat kain dari baju gamis dan warnanya akan cepat luntur. Taruhlah baju gamis di tempat yang teduh saja dan biarkan baju gamis kering dengan sendirinya.

  • Simpan baju gamis dengan hati-hati

Baju gamis sebaiknya disimpan dengan cara digantung dengan hanger. Hal ini dikarenakan baju gamis adalah tipe yang gampang kusut sehingga jika dilipat saja akan membuat baju gamis kusut dan tidak indah dipandang mata. Maka dari itu gunakan hanger dengan sisi pundak yang lembut dan jauhkan dari kelembaban agar baju gamis tidak berjamur.

  • Cuci baju gamis dengan perlakuan profesional

Ladies tentunya untuk mencuci baju gamis cukup merepotkan dan sangat butuh tenaga dan energi yang ekstra agar dapat menjaga dan merawat baju gamis agar tahan lama. Hal ini dikarenakan baju gamis mempunyai bentuk dan serat yang lebih halus dan sensitif dari baju pada umumnya.