top of page

7 Trik Mencuci Mukena Putih Agar Awet & Tidak Kusam! | Makassar

Diperbarui: 3 Mar 2021

Perempuan muslim pasti tidak asing dengan Mukena. Karena mukena bagi setiap perempuan muslim adalah penutup aurat saat akan melakukan shalat. Seiring dengan berkembangnya dunia fashion, mukena hadir dengan berbagai motif dan warna. Ada yang berwarna putih, pastel, dan banyak lainnya. Tetapi dengan penggunaan yang dilakukan setiap hari kita harus cerdas dalam merawat mukena terutama yang berwarna putih agar awet dan tahan lama.

Mari kita simak 7 trik simpel untuk mencuci mukena putih, dijamin mukena putih kamu bisa awet dan tahan lama


  • Harus rajin mencuci mukena

Walaupun mukena dipakai di luar dan terlihat tidak kotor tetapi mencuci mukena terutama mukena yang berwarna putih itu harus sering dilakukan. Karena jika mukena putih kamu jarang dicuci, permukaan mukena putih akan semakin kotor. Mukena berwarna putih bahkan dapat menguning dengan cepat, dan hal tersebut tentunya bakal merusak tampilan mukena putih kamu deh.


Tidak hanya itu, mukena akan berbau apek dan tidak enak dipandang. Maka dari itu rajin-rajinlah mencuci mukena terutama mukena putih minimal 2 kali seminggu jika mukena tidak terkena kotoran, keringat, dll. Dijamin deh mukena putih kamu bisa awet, warnanya tahan lama, terlihat bersih dan enak dipandang.


  • Cuci mukena dengan tangan

Serat mukena sangat sensitif dan cepat mengendur bila mukena putih dicuci dengan cara yang salah. Maka dari itu mencuci mukena apalagi mukena berwarna putih sebaiknya dilakukan secara manual tanpa mesin. Pasti mukena kamu lebih awet dan warna mukena lebih tahan lama.


Mencuci dengan manual atau tangan sangat cocok untuk dilakukan di semua bahan mukena baik bahan sutra, parasut, apalagi mukena berwarna putih yang memiliki renda. Jika kamu mengaplikasikan cara ini mukena putih kesayangan kamu bisa lebih awet dan serat mukena putih tidak mudah rusak.


  • Pisahkan mukena dengan pakaian lain

Saat mencuci mukena jangan direndam dan digabungkan dengan pakaian lain, apalagi untuk mukena berwarna putih cerah. Dikarenakan jika mukena putih digabungkan dengan pakaian lain, dapat dipastikan mukena putih kamu akan lebih cepat terkena luntur dan warna mukena putih akan menjadi jelek dan mukena putih menjadi tidak indah dipandang.


Tentunya hal ini akan membuat kamu bete dan malah ingin beli mukena putih baru bukan? Maka dari itu sebaiknya mukena putih kamu sebaiknya dicuci tersendiri agar mukena putih kamu tidak cepat rusak dan mukena putih kamu bisa awet deh.


  • Cuci/ kucek bagian mukena yang terkena kotor terlebih dahulu

Saat mencuci mukena putih bagian yang terpenting adalah bersihkan dahulu daerah yang kotor. Dikarenakan jika mukena putih dengan bagian kotor tidak dicuci duluan, maka dapat berdampak ke daerah mukena putih yang lain dan lebih parahnya daerah mukena putih yang kotor tersebut akan semakin kotor dan menumbuhkan bakteri juga jamur sehingga membuat mukena putih kamu lebih cepat rusak dan bisa timbul bintik hitam di mukena putih kamu akibat jamur itu loh.


Maka dari itu, jika membersihkan mukena putih sebaiknya cuci dan sikat perlahan daerah mukena yang kotor dahulu. Daerah mukena yang kotor biasanya terletak di sekitar jidat sampai dagu karena setelah wudhu, air masih menetes ke mukena dan bagian mukena tersebut akan menjadi lembab. Sisa riasan yang tidak sengaja terseka mukena juga dapat membuat mukena kotor loh. Dalam membersihkan kotoran di mukena baik warna putih maupun mukena dengan warna yang lain dapat menggunakan sabun colek, batangan, sabun cair, dll.