Cara Mencuci Baju Pesta | Makassar

Updated: Mar 3

Hi Makassar! Setiap wanita pasti punya baju pesta yang paling favorit untuk dirinya ya. Mulai dari gaun muslimah, baju pesta, gaun pengantin & gaun brokat. Saking sayangnya, terkadang kita was-was untuk mencuci baju tersebut di layanan laundry atau dry clean. Pada dasarnya, baju pesta memang umumnya sulit untuk dicuci dan dirawat karena kerumitan yang ada dimana baju pesta umumnya dibuat dari bahan yang lembut dan kadang terbuat dari beberapa bahan yang masing-masing butuh perlakuan yang berbeda.


Tenang aja! Di artikel ini kamu bisa nih pelajari cara mencuci baju pesta yang betul sehingga baju pesta bersih, harum dan aman dari kerusakan, tapi ingat ya sebaiknya dibawa ke laundry yang sudah biasa merawat pakaian satuan seperti QnC Laundry. Eits! Sebelum kita bahas cara mencucinya, perhatikan dulu beberapa tips dan panduan cara mencuci baju pesta ini ya supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


1. Perhatikan label laundry pada baju pesta atau gaun

Sebelum melakukan pencucian atau perawatan, periksa dulu label pada baju pesta yang akan dicuci karena beberapa bahan yang digunakan baju pesta tidak bisa dicuci dengan kimia tertentu. Contohnya, baju pesta yang vintage umumnya tidak bisa dikenakan kimia yang keras sehingga tidak boleh di dry clean tapi boleh dicuci dengan water based dry clean.


2. Periksa bagian mana yang terkena paling banyak noda

Perhatikan bagian mana dari baju pesta yang terkena banyak noda. Lalu lakukan spotting terlebih dahulu untuk menghilangkan noda membandel. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Aplikasikan kimia penghilang noda pada bagian baju pesta yang terkena noda

  • Dalam aplikasi kimia tersebut, jangan dikucek ya. Cukup ditekan saja untuk melindungi bahan baju yang lembut

  • Pastikan untuk memisahkan 1 lapisan baju dengan lapisan yang lain untuk memastikan kimia tidak terkena lapisan yang tidak ada noda

  • Bilas bagian yang dikenakan kimia tersebut dan keringkan dengan pengering rambut. Kalau dikeringkan tanpa bantuan, bisa ada bekas air pada baju pesta tersebut


3. Perhatikan aksesoris dan penghubung aksesoris dengan baju pesta

Kebanyakan aksesoris baju pesta modern memiliki kualitas kurang baik dan dapat rusak jika dikenakan pada kimia yang keras. Selain itu, jika aksesoris terhubung ke baju pesta hanya dengan lem, maka lem tersebut dapat larut oleh bahan kimia tersebut. Jadi pastikan ya bahwa aksesorisnya tahan kimia dan tidak hanya terhubung dengan lem saja.


Nah tips sebelum mencucinya sudah beres. Sekarang, waktunya kita sama-sama simak cara mencuci baju pesta kesayanganmu itu. Yuk kita simak!

  • Siapkan tempat cuci mulai dari bathtub, ember atau wastafel

Sebelum memasukan baju pesta ke dalam tempat pencucian, bersihkan dan bilas dulu tempat pencucian tersebut untuk menghilangkan adanya sisa lain pada tempat pencucian yang dapat menodai atau merusak baju pesta.

  • Tambahkan deterjen cair dan kimia penghilang noda (jika dibutuhkan)

Tambahkan deterjen cair yang lembut dan kimia penghilang noda (jika baju pesta masih ada noda). Tambahkan deterjen sampai ada sedikit buih yang muncul pada tempat pencucian.


  • Cuci dan bilas baju pesta dalam tempat pencucian

Masukkan baju pesta ke dalam tempat pencucian dan biarkan terendam. Gosok secara lembut seluruh baju pesta terutama bagian yang masih ada noda dan hindari kerusakan pada baju pesta karena aksesoris atau penyebab lainnya.


  • Tips tambahan: Jika masih ada bandel, gunakan sikat gigi

Jika pada baju pesta masih terdapat bagian yang terkena noda membandel, kamu bisa menggosok baju pesta dengan sikat gigi dan tambahkan kimia penghilang noda sedikit. Namun, ingat ya jangan terlalu banyak dan gosok dengan lembut


  • Taruh baju pesta pada handuk kering

Letakkan handuk kering pada permukaan datar lalu taruh baju pesta di atas handuk kering tersebut. Lalu gulung gaun bersama dengan handuk dari bagian atas sampai bawah. Ulangi proses ini sampai gaun tidak lagi mengeluarkan air ketika digulung.


  • Pindahkan baju pesta ke permukaan datar & kembalikan bentuk baju pesta

Setelah baju pesta sudah kering dengan baik. Langsung letakkan baju pesta tersebut pada permukaan datar dan bentuk baju pesta kembali ke bentuk awalnya sebelum baju pesta menjadi kaku. Lalu biarkan baju pesta kering dengan sendirinya.

Daripada stres dan pusing mencuci baju pesta kesayanganmu, coba aja layanan laundry satuan Makassar yang bisa digabungkan layanan laundry antar jemput Makassar GRATIS oleh QnC Laundry untuk kamu yang berada di daerah Makassar. Cucian baju pesta kesayanganmu akan dijemput oleh GrabExpress dari outlet laundry terdekat milik QnC Laundry.

Tidak hanya itu, QnC Laundry juga sudah menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus Covid-19 di semua outlet laundry kami yang tersebar. Protokol yang telah kami laksanakan pada outlet laundry kami adalah cucian akan dipisah dan tidak dicampur dengan pelanggan lain (sistem 1 nota 1 mesin), pengecekan suhu karyawan setiap saat, pembersihan outlet berkala dan packaging dengan disinfektan di setiap permukaannya, dan banyak protokol lainnya untuk menjaga keselamatan dan kesehatan Anda.


Jika kamu ingin baca kembali tips lainnya, klik Kumpulan Tips Laundry ya.



Source:

https://www.singaporelaundry.com/articles/how-to-dry-clean-your-wedding-gown.html

https://www.cleanipedia.com/gb/laundry/how-to-clean-a-wedding-dress.html

https://www.leaf.tv/articles/how-to-clean-a-formal-gown/




© 2020 PT CEPAT DAN BERSIH INDONESIA