Cara Mencuci Stroller Bayi Anti Ribet | BSD

Halo Moms terutama di BSD, stroller bayi tentunya merupakan salah satu peralatan yang gak bakal ketinggalan dari si kecil terutama jika akan bepergian keluar rumah. Penggunaan stroller apalagi di masa pandemi ini tentunya semakin berbahaya karena jika stroller tidak dibersihkan dan dicuci dengan benar maka dapat menimbulkan kuman, penyakit, dan juga menimbulkan ketidaknyamanan bagi si kecil. Cara mencuci stroller yang salah dan asal-asalan juga dapat menimbulkan sisa kotoran yang belum di bersihkan dengan sempurna yang lama kelamaan akan membuat stroller yang digunakan si kecil menjadi tidak nyaman dan dapat menimbulkan aroma yang kurang sedap.

Nah, bagi bunda yang bingung bagaimana sih cara mencuci stroller dengan efektif dan bersih dengan sempurna, yuk simak langsung 4 step sederhana dalam mencuci stroller dibawah ini.


1. Persiapkan cairan untuk membersihkan stroller

Pertama-tama sebelum kita mencuci stroller, siapkan dahulu cairan sabun yang akan digunakan dalam membersihkan stroller. Cairan sabun tersebut bisa kita buat dengan campuran air + sabun mandi atau menggunakan deterjen dengan konsentrat yang lembut saja.


2. Mulai buka perlahan bagian pada stroller

Selanjutnya, mulai buka bagian-bagian yang terpasang pada stroller dan perhatikan bagian sudut kecil dari stroller karena bisa saja ada beberapa bagian yang terkena sisa makanan/ kotoran lainnya. Misalnya pada bagian roda, tempat dudukan, dan lainnya. Jika saat membuka dudukan stroller dan terdapat pengait di dudukan, sebaiknya dilepas sehingga bagian dudukan dapat direndam dan dibersihkan dalam rendaman cairan sehingga dudukan stroller dapat harum dan bebas dari kuman serta bakteri. Jika bunda bingung saat melepas stroller, perhatikan buku panduan yang diberikan saat awal membeli stroller dan coba ikutilah instruksi tersebut.


3. Mulailah pencucian stroller

Dalam mencuci stroller, bunda bisa memulai dari kerangka luar terlebih dahulu. Ambillah sikat dengan bulu halus dan mulailah menyeka bagian yang terkena kotoran atau memiliki bekas bercak noda. Disarankan untuk tidak mencuci dengan mesin cuci ya bun tetapi disikat halus saja manual dengan tangan.

Saat bagian luarnya sudah selesai diseka, maka bunda sudah dapat beralih ke bagian dalam seperti dudukan stroller. Dudukan stroller yang telah di copot dapat direndam sekitar 15 - 20 menit di dalam rendaman sabun dan setelah direndam sebaiknya dikucek atau disikat dengan halus agar kotoran yang tersisa pada stroller dapat hilang dan bersih.

Kemudian jangan lupa ya bun untuk memperhatikan bagian roda stroller. Jika ada kotoran atau noda segera sikat dengan sikat yang lebih kuat ya agar kotoran pada roda dapat hilang dan stroller lebih terlihat bersih.


4. Setelah dicuci segera jemur stroller

Setelah melalui proses penyucian, sekarang mulailah untuk menjemur stroller. Dalam menjemur stroller sebaiknya tidak perlu ditempat yang langsung terkena sinar matahari, karena biasanya dudukan stroller terbuat dari serat kain yang halus,sehingga jika dijemur langsung dibawah terik matahari dapat membuat serat tersebut cepat rusak dan warna nya menjadi lebih cepat pudar. Sebaiknya, jemurlah dudukan stroller ditempat yang teduh dan berangin saja dan pastikan agar stroller kering dengan sempurna. Hal ini dikarenakan jika stroller masih basah dapat menimbulkan jamur dan bakteri yang bisa mengganggu kenyamanan si kecil.

BONUS TIPS : Cuci Stroller Anda Dengan Layanan Laundry Professional

Moms, tentunya untuk mencuci stroller dan menjaga stroller agar tahan lama membutuhkan energi yang ekstra, karena stroller mempunyai bentuk dan bahan yang lebih sensitif dari bahan biasa lainnya.

Daripada stres dan pusing mencuci baju pesta kesayanganmu, coba aja layanan laundry satuan BSD yang bisa digabungkan layanan laundry antar jemput BSD GRATIS oleh QnC Laundry untuk kamu yang berada di daerah BSD. Cucian baju pesta kesayanganmu akan dijemput oleh GrabExpress dari outlet laundry terdekat milik QnC Laundry.

Tidak hanya itu, QnC Laundry juga sudah menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus Covid-19 di semua outlet laundry kami yang tersebar. Protokol yang telah kami laksanakan pada outlet laundry kami adalah cucian akan dipisah dan tidak dicampur dengan pelanggan lain (sistem 1 nota 1 mesin), pengecekan suhu karyawan setiap saat, pembersihan outlet berkala dan packaging dengan disinfektan di setiap permukaannya, dan banyak protokol lainnya untuk menjaga keselamatan dan kesehatan Anda.

Jika kamu ingin baca kembali tips lainnya, klik Kumpulan Tips Laundry ya.



Source :

  1. https://www.popmama.com/baby/0-6-months/fx-dimas-prasetyo/cara-praktis-membersihkan-stroller-bayi/5

  2. https://review.bukalapak.com/mom/berikut-5-langkah-mudah-membersihkan-stroller-agar-tetap-bersih-dan-nyaman-38065

  3. https://parenting.dream.co.id/decor/cara-mudah-bersihkan-stroller-dari-noda-membandel-190923n/1-noda-makanan-ob8.html

  4. https://youtu.be/KUT6hZRvPYA

© 2020 PT CEPAT DAN BERSIH INDONESIA