Ladies BSD! Ini 6 Tips Mencuci Baju Gamis Agar Tahan Lama

Hai Ladies BSD! Seperti yang kita tahu baju gamis merupakan tren fashion yang sangat disukai dan populer dikalangan wanita muslim. Hal ini disebabkan baju gamis membuat penampilan feminim dan dapat digunakan di keadaan baik formal maupun informal. Baju gamis cocok banget digunakan untuk reuni, silaturahmi, dan lainnya. Tetapi tahukah ladies baju gamis yang dicuci dan tidak terawat dapat mengakibatkan warnanya cepat luntur, cepat rusak dan tidak tahan lama.


Nah, maka dari itu saat mencuci baju gamis sebaiknya perhatikan hal dibawah berikut ya ladies agar baju gamis kesayangan kamu bisa awet dan tahan lama


1. Cuci baju gamis dengan tangan/ manual

Sebaiknya mencuci baju gamis dilakukan dengan tangan atau dilakukan secara manual nih ladies. Hal ini dikarenakan jika mencuci baju gamis dengan mesin cuci dapat merusak serat lembut dan alami baju gamis kamu dan baju gamis akan cepat rusak terutama untuk baju gamis dengan bahan satin, sutra, dan lainnya.

Cara manual yaitu dengan mengucek baju gamis dengan tangan sangat dianjurkan dengan sabun cuci deterjen yang sedikit saja atau sabun deterjen khusus untuk kain dengan konsentrasi deterjen yang lembut agar baju gamis kamu lebih tahan lama.


2. Jika ada noda, rendam baju gamis

Jika baju gamis terkena noda atau kotoran sangat disarankan untuk direndam dahulu dan jangan disikat secara kasar ya ladies. Buatlah campuran rendaman dengan mengisi ember dengan air dan masukan deterjen sedikit saja.

Setelah campuran terbentuk, masukkan baju gamis ke dalam rendaman dan rendam sekitar 10 - 15 menit saja. Kemudian setelah direndam, segera angkat baju gamis dan kucek-kucek baju gamis terutama pada bagian yang terkena kotoran. Ketika noda atau kotoran di baju gamis sudah memudar dan menghilang, dapat dilanjutkan dengan mencuci baju gamis seperti biasa.


3. Jangan pakai pemutih pada baju gamis

Hindari penggunaan pemutih pada baju gamis kesayangan kamu ya ladies. Hal ini mengingat bahwa baju gamis menggunakan bahan yang halus dan mempunyai serat alami yang lembut, sedangkan pemutih adalah bahan yang dapat membuat serat semakin lama semakin menipis dan dapat merusak kain dari baju gamis kamu.


4. Jemur baju gamis di daerah yang sejuk dan teduh

Setelah selesai mencuci baju gamis, sebaiknya baju gamis tidak terlalu di peras dengan kuat dan jangan jemur di bawah terik matahari secara langsung. Tetapi jemurlah baju gamis di daerah yang sejuk dan teduh, hal ini disebabkan jika menjemur baju gamis di bawah terik matahari dapat merusak serat kain dari baju gamis dan warna baju gamis akan lebih cepat luntur.


5. Simpan baju gamis dengan cara digantung dengan hanger

Baju gamis mempunyai bahan yang gampang kusut sehingga sebaiknya baju gamis disimpan dengan cara digantung dengan hanger untuk menghindari baju gamis yang telah disetrika kusut dan tidak enak dipandang.

Gunakan hanger dengan kualitas yang bagus yaitu dengan sisi pundak yang lembut dan juga sangat disarankan untuk memperhatikan kelembapan dari lemari kamu. Hal ini dikarenakan kondisi penyimpanan baju gamis di tempat yang lembab dapat membuat baju gamis lebih cepat berjamur.

BONUS TIPS : Cuci Baju Gamis Anda dengan Layanan Laundry Professional

Ladies, tentunya untuk mencuci stroller dan menjaga stroller agar tahan lama membutuhkan energi yang ekstra, karena stroller mempunyai bentuk dan bahan yang lebih sensitif dari bahan biasa lainnya.

Daripada stres dan pusing mencuci baju pesta kesayanganmu, coba aja layanan laundry satuan BSD yang bisa digabungkan layanan laundry antar jemput BSD GRATIS oleh QnC Laundry untuk kamu yang berada di daerah Makassar. Cucian baju pesta kesayanganmu akan dijemput oleh GrabExpress dari outlet laundry terdekat milik QnC Laundry.

Tidak hanya itu, QnC Laundry juga sudah menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus Covid-19 di semua outlet laundry kami yang tersebar. Protokol yang telah kami laksanakan pada outlet laundry kami adalah cucian akan dipisah dan tidak dicampur dengan pelanggan lain (sistem 1 nota 1 mesin), pengecekan suhu karyawan setiap saat, pembersihan outlet berkala dan packaging dengan disinfektan di setiap permukaannya, dan banyak protokol lainnya untuk menjaga keselamatan dan kesehatan Anda.

Jika kamu ingin baca kembali tips lainnya, klik Kumpulan Tips Laundry ya.


Source :

  1. https://ninanugroho.com/tips-merawat-gamis-agar-tidak-rusak/

  2. https://www.muslimahdaily.com/lifestyle/fashion/item/2000-agar-tetap-awet-ini-dia-tips-merawat-gamis-yang-bijak.html

  3. https://www.idntimes.com/life/women/jsari/tips-merawat-gamis-katun-agar-awet-c1c2/5


© 2020 PT CEPAT DAN BERSIH INDONESIA