Mau Kuliah di Makassar? Ini dia 5 Universitas terbaik di Makassar!

Halo anak muda! Seperti yang kita ketahui, Makassar adalah salah satu kota utama di daerah Indonesia tengah dan timur. Salah satu dampak dari ini adalah Makassar menjadi salah satu pusat pendidikan terbaik di Indonesia dengan berbagai universitas yang berkualitas.


Namun, kalau kamu masih baca artikel ini, berarti kamu masih belum menentukan mau kuliah dimana ya? Tapi, kamu udah tau belum mau kuliah jurusan apa? Soalnya setiap kampus beda loh spesialisasinya.


Tenang aja! Habis baca artikel ini, semoga kamu bisa lebih nentuin jurusan yang mau kamu tempuh dan kampus yang kamu mau masuk. Semoga beruntung ya!

1. Universitas Negeri - Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan No.KM.10, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea

Website: https://unhas.ac.id/v2/


Universitas Hasanuddin (UNHAS) adalah salah satu universitas negeri terbaik di Makassar dan Indonesia. UNHAS juga menyediakan opsi akademi yang cukup luas mulai dari bidang Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Sosial, Ilmu Kesehatan dan Pertanian.


Selain itu, UNHAS juga menyediakan berbagai program pembelajaran, jadi bukan cuma S1 aja ya. Namun, kamu bisa mengambil program pasca sarjana (S2) atau bisa juga mengambil program spesialis, vokasi dan profesi tergantung dari kemauan dan aspirasi karir-mu.


Tidak hanya program akademi yang luas dan beragam. UNHAS juga memiliki berbagai kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri. Untuk kerjasama dalam negeri, kerjasama ini tidak hanya dengan sesama universitas tapi juga dengan pemerintah daerah bahkan kementerian dan perusahaan! UNHAS sudah berhasil menjalin kerjasama dengan universitas lain di 17 negara mulai dari Asia hingga Eropa dan Amerika Serikat!


UNHAS pun berhasil mencetak beberapa alumni yang berprestasi seperti Bapak Jusuf Kalla, Bapak Terawan Agus Putranto, Bapak Syahrul Yasin Limpo dan alumni berprestasi lainnya.


2. Universitas Swasta - Universitas Muslim Indonesia (UMI)

Alamat: Jl. Urip Sumoharjo No.km.5, Panaikang, Kec. Panakkukang

Website: https://umi.ac.id/


Universitas Muslim Indonesia (UMI) adalah universitas swasta pertama di luar Jawa yang berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. UMI adalah salah satu universitas yang menyediakan opsi akademi paling luas dengan 13 fakultas. Jadi buat kamu yang masih bingung mau ambil jurusan apa, mungkin UMI bisa kamu explore nih untuk dapat jurusan yang kamu tertarik!


UMI juga menyediakan beberapa opsi program pembelajaran walaupun belum terlalu banyak. Di UMI, kamu bisa mengambil program Sarjana (S1), PascaSarjana (S2) dan Profesi.


3. Universitas Negeri - Universitas Negeri Makassar (UNM)

Alamat: Jl. A. P. Pettarani, Tidung, Kec. Rappocini

Website: https://unm.ac.id/


Universitas Negeri Makassar (UNM) adalah universitas terbesar saat ini di Kota Makassar. UNM sendiri saat ini baru berhasil mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT..UNM menyediakan cukup banyak opsi akademis dengan 9 pilihan fakultas.


UNM juga menyediakan beberapa opsi program pembelajaran walaupun belum terlalu banyak. Di UNM, kamu bisa mengambil program Sarjana (S1), Pascasarjana (S2) dan Profesi.


UNM berhasil mencetak beberapa alumni berprestasi dan terkenal seperti Bapak Nurdin Halid, Bapak Akbar Faizal dan berbagai alumni lainnya.


4. Universitas Negeri - Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN Alauddin)

Alamat: Jl. Sultan Alauddin No.63, Romangpolong, Kec. Somba Opu

Website: https://www.uin-alauddin.ac.id/


UIN Alauddin adalah sebuah universitas negeri yang berfokus kepada ilmu agama Islam dalam berbagai aplikasi. Hal ini bisa dilihat dari Fakultas-fakultas yang tersedia di UIN Alauddin mulai dari jurusan hukum & syariah sampai dengan jurusan ekonomi dan bisnis islam. Jadi untuk kamu yang ingin memperdalam ilmu Islam, ini adalah universitas yang sangat cocok buat kamu.


UIN Alauddin saat ini baru menyediakan program studi Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2).


UIN Alauddin berhasil mencetak beberapa alumni terkenal seperti Bapak Nasaruddin Umar, Bapak Hamdan Zoelva dan berbagai alumni terkenal serta berprestasi lainnya.


5. Universitas Swasta - Universitas Atma Jaya Makassar (UAJ Makassar)

Alamat: Jl. Tanjung Alang No.23, Maccini Sombala, Kec. Tamalate

Website: https://www.uajm.ac.id/


Universitas Atma Jaya Makassar (UAJ Makassar) adalah cabang dari Universitas Atma Jaya, sebuah universitas swasta yang cukup terkenal di Jakarta dan tangerang. Jadi pastinya, UAJ Makassar pastinya berkualitas. Saat ini UAJ Makassar baru menyediakan 6 fakultas seputar Ilmu Sosial.


Sayangnya, UAJ Makassar baru menyediakan program studi Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2).


UAJ (bukan hanya UAJ Makassar) berhasil mencetak banyak alumni yang terkenal dan berprestasi seperti Deddy Corbuzier, Dion Wiyoko, Senandung Nacita dan masih banyak alumni lainnya.

Semoga artikel ini membantu ya untuk teman-teman yang masih bingung mau kuliah apa dan dimana. Semoga beruntung dan semoga bisa mendapatkan jurusan dan kampus yang kamu inginkan!


Kalau mau laundry, jangan lupa QnC Laundry ya! Kami ada layanan kiloan dan satuan yang bisa dipesan secara online ataupun offline di belasan outlet di Makassar. Kalau penasaran, langsung aja pesan atau hubungi kami ya!