Tips Memilih Mesin & Peralatan Untuk Bisnis Laundry Anda

Jika Anda sedang ingin merintis / mengembangkan bisnis laundry Anda, pastinya Anda akan perlu investasi mesin dan peralatan laundry mulai dari mesin cuci sampai dengan setrika. Setiap jenis mesin dan peralatan yang dapat Anda beli ada banyak kategorinya, masing-masing dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Belum lagi ada merek yang premium dan ada merek yang fokus ke harga ringan.


Key Takeaways:
  1. Ada banyak jenis mesin & alat dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing

  2. Mesin & alat yang tepat adalah mesin & alat yang sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan merek atau jenis tertentu

  3. Hati-hati dengan spesifikasi tertulis mesin. Pastikan spesifikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda di lapangan

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa mesin & peralatan yang umumnya wajib ada di sebuah bisnis laundry dan juga beberapa mesin & peralatan yang umumnya bersifat opsional saja. Simak dibawah ya!


Disclaimer: pada artikel ini, kami memberikan informasi umum seputar kategori-kategori umum mesin & peralatan dan tidak memberikan review seputar merek atau mesin & peralatan spesifik.


1. Mesin Cuci

Jenis mesin cuci ada banyak tapi beberapa hal utama yang perlu kita pertimbangkan adalah:


1. Mesin cuci manual / otomatis.

Kami selalu sarankan untuk membeli mesin cuci otomatis agar Anda dan karyawan Anda jauh lebih produktif. Selain itu, mesin cuci otomatis memberikan hasil yang lebih konsisten dan umumnya lebih bersih.


2. Mesin cuci front load / top load.

Mesin cuci front load lebih cepat proses pencuciannya dibandingkan mesin top load, sehingga mesin front load ideal untuk bisnis laundry kiloan dengan fokus kepada aspek layanan kecepatan atau untuk bisnis laundry yang ingin menghemat biaya investasi mesin dan produksi (walaupun harganya sedikit lebih mahal).


3. Kapasitas mesin cuci.

Kapasitas mesin cuci juga wajib diperhatikan karena dengan beda sedikit kapasitas, maka harga mesinnya bisa jauh lebih mahal (harga mesin 20 Kg tidak sama dengan 2.5 kali dari harga mesin 8 Kg, dst.). Jika anda fokus ke layanan retail, saran kami adalah untuk membeli mesin dengan kapasitas 8 - 20 Kg saja.


4. Merek mesin cuci.

Setiap merek mesin cuci juga punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada merek yang ekonomis sampai dengan merek yang berkualitas dan ada juga yang fokus ke pasar retail / industrial. Contohnya, untuk bisnis laundry retail, Anda cukup beli mesin dengan merek LG, Maytag, dll dan untuk bisnis laundry korporat, Anda bisa beli mesin dengan merek Ecolab, dll.


2. Mesin pengering.

1. Mesin pengering Buildup / Konversi

Mesin pengering pada jenis konstruksinya ada 2 jenis yaitu Build up (langsung dari pabrik) atau konversi (alih guna (tidak resmi). Di Indonesia, mungkin Anda sering mendengar tentang mesin pengering konversi gas. Ini artinya, mesin tersebut adalah mesin yang sebelumnya menggunakan tenaga listrik saja dan kini dikonversi agar fungsi mengeringkannya ditenagai oleh gas. Mesin pengering konversi banyak dicari karena 2 hal yaitu:


  • Mesin pengering build up gas relatif mahal

Mesin pengering build up dengan kapasitas 15 Kg mungkin baru bisa Anda dapatkan di kisaran belasan juta rupiah. Sedangkan, mesin pengering konversi dengan kapasitas yang sama dapat dibeli pada harga di bawah sepuluh juta rupiah.


  • Mesin pengering build up listrik belum cocok di Indonesia

Beberapa daerah di Indonesia belum memiliki akses listrik yang dapat diandalkan (masih terjadi pemadaman rutin). Di Indonesia juga sudah mulai ada peraturan untuk usaha-usaha yang butuh kapasitas listrik dalam jumlah besar.


Kami sendiri menyarankan Anda membeli mesin pengering build up karena mesin pengering konversi memiliki risiko keamanan yang lebih besar, salah satunya adalah risiko pakaian pelanggan terbakar di mesin pengering.


  • Buildup listrik vs gas

Di Indonesia, mesin pengering yang ditenagai gas jauh lebih umum dibandingkan mesin pengering listrik. Namun, sebenarnya fungsi keduanya sama saja. Bedanya, dengan mesin pengering gas, Anda harus lebih memperhatikan keamanan gas Anda dan sebaliknya serta biaya listrik dan gas Anda.


Hal yang harus Anda perhatikan berikutnya adalah kapasitas listrik. Jika lokasi Anda memiliki kapasitas listrik yang besar, maka bisa menggunakan mesin pengering listrik. Jika belum, maka sebaiknya gunakan mesin pengering saja. Anda juga kami sarankan untuk perhatikan perizinan usaha yang membutuhkan kapasitas listrik besar.


  • Kapasitas mesin

Hal selanjutnya untuk diperhatikan adalah kapasitas mesin. Jika Anda melihat kapasitas mesin pengering tertulis 15 Kg. Itu adalah kapasitas ketika pakaian dalam kondisi basah, jadi kapasitas yang sebenarnya mungkin hanya sekitar 7-8 Kg.


3. Setrika listrik / uap

Jika Anda menyediakan layanan setrika, maka Anda juga perlu mempersiapkan set alat setrika (meja setrika dan alat setrika). Jenis alat setrika bisa dibagi jadi 2 yaitu setrika uap dan listrik.


Ada beberapa faktor yang dapat Anda perhatikan ketika sedang memutuskan antara setrika listrik / uap. Namun, Kami menyarankan agar Anda menggunakan setrika uap, karena setrika listrik memiliki risiko untuk meninggalkan bekas pada pakaian pelanggan.


4. Mesin Boiler

Mesin boiler juga menjadi salah satu keperluan utama laundry Anda untuk operasional mesin pengering dan setrika uap (jika Anda beli). Umumnya, ketika Anda membeli paket boiler, Anda akan mendapat setrika uap (jumlah mata tergantung kapasitas boiler yang Anda beli).


5. Mesin packaging (opsional)

Jika Anda berencana atau banyak menerima laundry dry clean, maka Anda bisa mempertimbangkan mesin packaging ini. Dengan mesin ini, Anda dapat melakukan pekemasan (packing) dry clean dengan lebih cepat dan rapih.


6. Mesin khusus item tertentu (karpet, sofa, matras, dll)

Jika Anda berencana untuk menyediakan layanan laundry karpet, matras, dll atau mungkin menyediakan layanan home cleaning service. Maka Anda perlu juga mempersiapkan mesin dan alat yang khusus untuk setiap jenis item tersebut.

 

Itulah tips-tips kami yang dapat Anda lakukan ketika sedang memilih mesin dan alat yang dibutuhkan usaha laundry Anda. Intisari dari artikel ini adalah Anda harus tau dulu apa yang Anda butuhkan, baru mulai cari mesin yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan bahwa informasi yang disediakan sesuai dengan kebutuhan Anda di lapangan.


Ingin tips lebih lengkap perihal merintis atau menjalankan usaha laundry? Simak artikel 9 tips merintis bisnis laundry kami!