Tips Mencuci Sepatu Tergantung Bahan Sepatunya

Halo BSD! Zaman sekarang siapa sih yang gak punya sepatu fashion? Baik pria atau wanita pasti udah punya sepatu fashion dengan banyak jenis bahan apalagi orang di BSD mulai dari sepatu kulit, sepatu canvas, sepatu suede, dll. Sayangnya, sepatu dengan bahan-bahan ini umumnya sulit untuk dicuci dan dirawat dengan baik sehingga membutuhkan suatu perlakuan khusus.

Pastinya sepatu kesayangan itu akan kotor ya seiring dengan penggunaan ya dan sudah pasti juga kita mau sepatu kita untuk dicuci dan dirawat dengan baik ya. Amit-amit deh kalau sepatunya tetap kotor atau bahkan rusak. Namun, tenang aja karena sebenarnya cara mencuci dan merawat sepatu yang baik itu gak susah kok. Yuk kita simak bareng cara mencuci dan merawat sepatu sesuai dengan bahan sepatu.


1. Tips mencuci sepatu suede

Sepatu yang dibuat dari bahan suede kualitasnya memang bagus dan juga bisa memberikan tampilan yang keren. Namun, mencuci dan merawat sepatu ini memerlukan perhatian yang sangat ekstra, karena bahan ini punya daya serap yang relatif tinggi, sehingga ketika sepatu suede terkena kotoran atau cairan, maka sangat mudah untuk kotoran tersebut menempel pada sepatu ini.


Berikut adalah tips mencuci sepatu suede ala QnC Laundry :

  1. Jangan rendam sepatu suede di dalam air

  2. Gunakan sikat khusus bahan suede atau sikat gigi dengan bahan yang sangat halus agar tidak merusak sepatu suede

  3. Gosokkan sikat khusus/ sikat gigi halus dengan arah gosokan di 1 arah dan fokus pada noda dan kotoran yang menempel di sepatu suede.

  4. Jangan lupa pada bagian sepatu suede yang tidak terkena noda atau kotoran, tetap bersihkan daerah tersebut. Namun, jangan lupa untuk tekan lebih dalam pada noda yang sangat tebal/ susah dibersihkan

  5. Jika kotoran/ noda di sepatu suede sangat susah dibersihkan, maka sepatu boleh dikenakan air tapi jangan sampai membasahi seluruh sepatu

  6. Gunakan pengganjal sepatu suede sehingga ketika sepatu digosok/ dibersihkan, bentuk sepatu suede tidak berubah

  7. Setelah mencuci sepatu suede dengan teknik kering tadi, jangan dijemur dibawah terik matahari ya, cukup di tempat yang sejuk dan berangin saja.


2. Tips Mencuci Sepatu Canvas

Sepatu yang dibuat dari bahan canvas biasanya kita bayankgna dengan merek sepatu Convers dan sepatu Vans karena sangat populer. Jika sepatu kesayanganmu adalah sepatu canvas, maka ini bisa jadi tantangan untuk mencuci sepatu itu apalagi kalau sepatunya berwarna putih.


Berikut tips mencuci sepatu canvas ala QnC Laundry:

  1. Tunggu sampai noda benar-benar kering apalagi noda yang sangat sulit untuk di cuci seperti becekan air hujan yang kotor, tanah basah, dll.

  2. Lepaskan tali sepatu dengan bahan canvas

  3. Gunakan sikat pembersih yang halus seperti sikat gigi lalu tuangkan deterjen ke dalam ember. Masukkan sepatu canvas tersebut dan cuci dengan mengocoknya perlahan di semua sisi baik dalam maupun luar.

  4. Cuci juga tali sepatu agar bersih dari kotoran itu

  5. Setelah semuanya di cuci basuh dengan air hangat agar pori pori terbuka dan sepatu canvas bisa semakin bersih dan cerah.

  6. Kemudian jika telah dicuci jemur sepatu canvas tersebut tapi jangan di terik matahari, cukup di tempat sejuk yang berangin saja.


3. Tips Mencuci Sepatu Beludru

Sepatu yang dibuat dari bahan beludru pada umumnya cukup mirip dengan sepatu suede, sehingga kebanyakan tips mencuci sepatu beludru sama dengan sepatu suede.


Berikut tips mencuci sepatu beludur ala QnC Laundry:

  1. Sama seperti sepatu berbahan suede, tunggu sampai noda benar-benar kering apalagi noda yang sangat sulit untuk di cuci seperti becekan air hujan yang kotor, tanah basah, dll.

  2. Buatlah campuran cairan deterjen dengan air

  3. Jika sudah berbusa ambil sikat gigi halus / kain halus dan usapkan perlahan di permukaan sepatu. Jika menggunakan kain halus usahakan kain setengah kering (jangan terlalu basah) agar tidak membuat sepatu semakin lembab.

  4. Pastikan dalam menggosok / mengelap dilakukan 1 arah agar tidak merusak serat sepatu dengan bahan beludru

  5. Jika sudah bersih maka jemur sepatu tersebut sampai mengering.

BONUS TIPS : Cuci Stroller Anda Dengan Layanan Laundry Professional

Mencuci sepatu pasti jadi tugas kita yang rutin walaupun bukan menjadi tugas sehari-hari. Apalagi jika kita pahami bahwa setiap sepatu bahannya beda dan butuh perlakuan yang beda juga.

Daripada stres dan pusing mencuci baju pesta kesayanganmu, coba aja layanan laundry sepatu BSD yang bisa digabungkan layanan laundry antar jemput BSD GRATIS oleh QnC Laundry untuk kamu yang berada di daerah BSD. Cucian baju pesta kesayanganmu akan dijemput oleh GrabExpress dari outlet laundry terdekat milik QnC Laundry.

Tidak hanya itu, QnC Laundry juga sudah menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus Covid-19 di semua outlet laundry kami yang tersebar. Protokol yang telah kami laksanakan pada outlet laundry kami adalah cucian akan dipisah dan tidak dicampur dengan pelanggan lain (sistem 1 nota 1 mesin), pengecekan suhu karyawan setiap saat, pembersihan outlet berkala dan packaging dengan disinfektan di setiap permukaannya, dan banyak protokol lainnya untuk menjaga keselamatan dan kesehatan Anda.

Jika kamu ingin baca kembali tips lainnya, klik Kumpulan Tips Laundry ya.



Sumber :

  1. https://www.sehatq.com/artikel/cara-cuci-sepatu-agar-tidak-bau

  2. https://www.idntimes.com/life/diy/ulfa-luthfia-hidayatty/cara-mencuci-sepatu-yang-benar/4

  3. https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mencuci-sepatu/

  4. https://www.akulaku.com/artikel/4-cara-mencuci-sepatu/

  5. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190814161742-277-421309/cara-mencuci-sepatu-agar-tak-mudah-rusak

  6. https://www.blibli.com/friends/blog/membersihkan-sepatu-suede/

  7. https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-2836206/6-trik-membersihkan-sepatu-suede-yang-kotor-di-musim-hujan

  8. https://review.bukalapak.com/fashion/7-cara-merawat-sepatu-kanvas-supaya-tetap-berkualitas-30814