5 Tips Jitu Untuk Memasarkan Bisnis Laundry Anda

Semua bisnis yang sukses pasti memiliki pemasaran yang sukses. Mungkin layanan / produk Anda bukan yang paling berkualitas / unggul dibandingkan dengan kompetitor Anda, atau mungkin bisnis Anda kurang efisien atau bahkan ada kebocoran keuangan. Namun, jika Anda punya pemasaran yang sukses, maka besar kemungkinan bisnis Anda akan tetap ramai didatangi pelanggan.


Key Takeaways:
  1. Anda butuh pemasaran yang dapat membuat seorang pelanggan pindah dari laundry lain karena mayoritas pelanggan sudah punya langganan laundry

  2. Pemasaran yang efektif harus menggabungkan konsep push & pull marketing

  3. Pemasaran tidak harus bakar uang, bisa dilakukan dengan langkah yang tepat

Sebelum kita bahas cara memasarkan yang jitu, jangan lupa baca artikel kami seputar manajemen operasional bisnis laundry dan keuangan bisnis laundry ya! Sekarang, yuk simak 5 tips jitu untuk memasarkan bisnis laundry Anda.


1. Canvassing ke Area Sekitar

Salah satu langkah paling mudah dan sampai saat ini masih efektif adalah dengan melakukan canvassing untuk menawarkan layanan bisnis laundry kita. Lokasi canvassing yang kami sarankan adalah lokasi perumahan (rumah, apartemen, kost, dll), perkantoran dan lokasi pusat kehidupan lainnya yang dekat / searah dengan bisnis Anda.


2. Menawarkan Kerjasama

Anda juga bisa mencoba untuk menghubungi pihak-pihak berkepentingan untuk menawarkan kerjasama layanan laundry dengan harga lebih hemat. Contohnya, Anda bisa bekerja sama dengan pemilik kost untuk menyediakan layanan laundry untuk semua penghuninya dengan kuota dan harga khusus. Umumnya cara ini lebih sulit diterima tapi jika kita bisa mencocokkan dengan kebutuhan mereka, maka potensi omsetnya lumayan besar dan stabil.


3. Memberikan Penawaran Grand Opening

Anda bisa juga menawarkan promo yang miring untuk 1 minggu pembukaan bisnis atau untuk pelanggan baru. Hal ini karena, salah satu hal utama yang kita perlu lakukan adalah meyakinkan pelanggan laundry lain untuk mencoba layanan kita. Hal ini karena sebagian besar pelanggan sudah punya langganan masing-masing, jadi cara paling jitu & cepat adalah dengan akuisisi pelanggan laundry lain. Apalagi jika bisnis laundry Anda mirip-mirip dengan bisnis laundry lainnya.


4. Digital Marketing (Organik)

Kalau Anda punya keahlian di digital marketing, maka kegiatan ini juga bisa meningkatkan omset terutama di daerah-daerah yang warganya sudah lebih paham dan terbiasa dengan teknologi digital. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan yang datang langsung ke Anda, tanpa adanya biaya tambahan. Beberapa platform yang bisa Anda targetkan adalah search engine (website), social media (instagram, facebook, dll) dan Maps (Google Maps, dll).


5. Digital Marketing (Berbayar)

Kalau Anda tidak punya banyak waktu & tenaga atau mungkin belum punya keahlian digital marketing, maka ada cara yang lebih mudah untuk membangun online presence Anda, yaitu dengan iklan online. Memang Anda akan perlu mengeluarkan biaya iklan, tapi hasilnya jauh lebih cepat dibandingkan dengan digital marketing organik dan biayanya bisa disesuaikan dengan budget Anda. Contohnya, Anda bisa beriklan di search engine (Maps, Keyword & Display), social media (Story, Feed, Search) dan pada website milik orang lain.

 

Itulah 5 tips jitu dari kami untuk memasarkan bisnis laundry Anda. tentunya, ini hanyalah sedikit dari banyak kegiatan pemasaran yang bisa Anda lakukan. Namun, pada dasarnya ini adalah kategori dasar yang bisa Anda coba dan Anda bisa perbanyak variasinya sesuai dengan kebutuhan Anda.


Ingin tips lebih lengkap perihal merintis atau menjalankan usaha laundry? Simak artikel 9 tips merintis bisnis laundry kami!